Selayang Pandang

Sekolah Menengah Keahlian (SMK) Negeri 5 Bandar Lampung adalah sekolah yang sudah menyelenggarakan kelas industri dan teaching factory serta menjadi salah satu SMK rujukan di Provinsi Lampung. Oleh karena itu, diharapkan SMK Negeri 5 Bandar Lampung dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pendidikan yang diamanahkan kepada SMK akan dapat diwujudkan.

Tamatan yang dihasilkan diharapkan diserap oleh dunia kerja karena telah memenuhi tuntutan dunia kerja. Hal ini tentunya hasil dari proses pembelajaran yang kontennya selaras dengan perkembangan dunia kerja serta pendekatan dan metodenya yang up to date sesuai tuntutan kebutuhan abad ke 21 (karakter, kompetensi dan literasi). Hasil yang diharapkan itu dan proses yang diinginkan itu tentunya akan terwujud apabila didukung oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang professional serta dukungan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

Mengacu pada standar kompetensi lulusan, proses pendidikan yang dilakukan di Sekolah Menengah Keahlian (SMK) Negeri 5 Bandar Lampung belum sepenuhnya membekali siswa dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh tamatan SMK. Hal ini adalah karena proses pembelajaran yang dilaksanakan belum sepenuhnya memenuhi standar isi, standar proses dan standar penilaian sebagaimana ditetapkan dalam standar nasional pendidikan. Proses pembelajaran selama ini belum sepenuhnya menjadikan penanaman sikap sebagai bagian dari proses pembelajaran. Pendekatan saintifik juga belum diimplementasikan secara maksimal dan penilaian juga belum menggunakan penilaian otentik secara konsisten.

Sementara itu, SMK Negeri 5 Bandar Lampung saat ini sedang berupaya meningkatkan kualitas ruangan belajar, baik ruang belajar teori maupun ruang penunjang lainnya. Selain itu, kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan belum terpenuhi sesuai kebutuhan. Guru PNS untuk mata pelajaran peminatan masih kurang, demikian pula halnya untuk staf tata usaha masih banyak memberdayakan tenaga honorer. Sejak Tahun Pelajaran 2018/2019 SMK Negeri 5 Bandar Lampung telah menerapkan Kurikulum 2013 revisi tahun 2018. Sebagai SMK yang terdepan dalam hal melakukan inovasi, seperti terdepan menyelenggarakan kelas industry dan teaching factory, menjadi sekolah rujukan serta memiliki technopark serta dengan potensi yang dimiliki  terus berusaha untuk memenuhi 8 standar nasional pendidikan. Potensi yang dapat diberdayakan dan dioptimalkan yang dimiliki SMK Negeri 5 Bandar Lampung berupa sumber daya manusia, sarana prasarana yang dimiliki, sistem pemngelolaan yang sudah mulai baik, dukungan stake holder (terutama orang tua/wali murid dan pengurus komite sekolah), serta dukungan pendanaan dari pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMK dan Bantuan Operasional Sekolah dari Pemerintah Provinsi Lampung (BOSDA).