Sejarah

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN 5) Bandar Lampung merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan di Propinsi Lampung yang berbasis Seni dan Kerajinan. Sebelum menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 (SMKN5) Bandar Lampung, sekolah ini bernama SMIK (Sekolah Menengah Industri Kerajinan). Sekolah Menengah Industri Kerajinan berdiri sejak tahun 1993 dan pada waktu itu masih bergabung dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 (SMKN 2) Bandar Lampung kurang lebih selama 2 tahun dan pada akhirnya mendapatkan lokasi dengan alamat di Jalan Pangeran Tirtayasa No. 88 Sukabumi Bandar Lampung. Dengan adanya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 ini yang program keahliannya terdiri dari Program Keahlian Desain Produk Kria Kayu, Desain Produk Kria Tekstil, Desain Produk Kria Logam akan menciptakan Tenaga Profesional dalam bidang masing-masing untuk berwirausaha dan mampu bersaing di dunia industri. Sejak didirikan pada tahun 1993, SMK Negeri 5 Bandar Lampung telah berhasil meningkatkan jumlah anak didik dan tamatannya. Namun dengan berjalannya waktu sekolah ini mengalami grafik penurunan. Situasi ini kemudian ditanggapi secara serius oleh pengelolah sekolah untuk ditingkatkan kembali dengan berbagai cara.

Dalam rangka Reengineering SMKN 5 Bandar Lampung pada tahun 2004 yang lalu mengalami penurunan daya minat pada jurusan yang lama yaitu jurusan seni kriya, oleh karena itu Kepala Sekolah yang pada saat itu adalah bapak Drs. Komar Ranudipura melaksanakan Program Reengineering bertekad membuka jurusan yang baru yaitu: Otomotif dan Multimedia. Pada saat itu tim yang dipercaya adalah 3 orang yang akan mengakomodir segala kebutuhan akan jurusan multimedia yaitu: Bapak Muhammad Makmun S.Pd, kemudian ada Bapak Drs. Ch Sapto Wibowo dan Bapak Sugiya, S.Pd. Dan latar belakang kami berbeda-beda, Bapak Muhammad makmun S.Pd pada saat itu sebagai staf tata usaha di bagian IT, kemudian Bapak Drs. Ch Sapto Wibowo guru Seni Budaya, ahli di bidang seni karna memang multimedia selain didasari dengan Teknologi Komputer, dibutuhkan kemampuan dasar dari sisi Art/ seni nya juga, kemudian untuk Bapak Sugiya S.Pd yang pada saat itu sebagai guru kejuruan Kriya Logam tetapi beliau juga mempunyai keahlian di bidang komputer dan kemudian pada saat itu terpilih bapak Sugiya, S.Pd sebagai ketua jurusan multimedia.

Melalui proses Reengineering tersebut maka dibuka Program Keahlian baru yaitu Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif dan Program Keahlian Teknik Multimedia. Dan dari sinilah SMK Negeri 5 mengalami kemajuan yang bagus, medapatkan juara-juara. Pada tahun 2008 dibuka Program Keahlian Baru lagi yaitu Program Keahlian Teknik Animasi, Teknik Mekanik Otomotif Perempuan. Banyak lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri menunjukkan keberhasilan pendirian Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bandar Lampung. Keberhasilan ini juga tak luput dari kerja keras Kepala Sekolah, Guru, Staf Tata Usaha dan semua yang terlibat didalamnya dalam mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bandar Lampung.

Kepala SMK Negeri 5 Bandar Lampung